Selasa, 27 November 2007

Paul Tibbets, Pilot Pembom Hiroshima Meninggal Dunia

Brigjen (Purn) Paul Warfield Tibbets Jr, pilot pesawat B-17 Flying Fortress yang

Paul Warfield Tibbets.
Foto: USAF
membom kota Hiroshima, Jepang tanggal 6 Agustus 1945, meninggal dunia. Ia menghembuskan nafas terakhir pada usia 92 tahun di Columbus, negara bagian Ohio, Amerika Serikat (1/11). Demikian sebagaimana dikutip situs AU AS.

Paul W. Tibbets Jr menjadi pilot pembom B-17 yang membawa bom atom pertama dalam perang, Little Boy, lalu menjatuhkannya di atas kota Hiroshima. Saat itu usianya 30 tahun dan berpangkat Kolonel. Akibat bom atom ini tak kurang 140 ribu orang tewas seketika, ribuan lainnya meninggal serta lainnya lagi hidup dengan menderita cacat permanen.

Paul Tibbets lahir di Quincy, Illinois pada 23 Februari 1915. Ia masuk Korps Udara AD AS (USAAC) pada 25 Februari 1937 dan mendapat penugasan pertama di 16th Observbation Squadron di Lawson Field, Fort Benning, Georgia.

Beragam misi kemudian dijalaninya. Termasuk misi-misi di Eropa dan Afrika Utara. Tahun 1943 Tibbets kembali ke Amerika dan tergabung dalam pesawat pembom B-29.

Bulan September 1944 Tibbets ditugaskan secara spesifik dalam Proyek Bom Atom. Ia menjadi pilot yang mengujicoba bom atom dibawa dalam pesawat sebelum akhirnya mengemban tugas kontroversial sepanjang masa. Pesawat B-29 yang ia gunakan membom kota Hiroshima ia beri nama Enola Gay sehari sebelum membom Hiroshima.

Paul Tibbets pensiun dari dinas AU AS pada 1 September 1966 dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal. Empat puluh satu tahun kemudian ia meninggal dunia. Semasa hidupnya disebutkan, Tibbets tidak pernah menyesali telah membom kota Hiroshima. Ia justru merasa berjasa telah menyelamatkan jutaan bangsa Amerika dari kemungkinan serangan Jepang. (Roni Sontani)


Sumber :

http://www.angkasa-online.com/public/news/0711/734.htm

Tidak ada komentar: